Translate

Jumat, 30 Juni 2017

Waspadai KELELAHAN
by : BBC Journalist

Lelah... setiap orang pasti pernah merasakannya. Namun bila rasa lelah terasa begitu lama, bahkan tubuh tidak terasa bugar sekalipun Anda sudah beristirahat, saatnya untuk mulai waspada.
Secara medis, kelelahan berkepanjangan bisa menjadi pertanda adanya penyakit tertentu. Berikut beberapa penyakit yang ditandai dengan kelelahan :
1.     Depresi dan kecemasan kronis atau generalized anxiety disorder (GAD), bisa menguras energi Anda. Selain menjadi salah satu pemicu gangguan tidur (insomnia) dan gangguan pola makan, depresi dan kecemasan juga memicu gejala penyakit lainnya, termasuk penyakit jantung dan gangguan peredaran darah.
2.     Anemia, kondisi di mana tubuh kekurangan zat besi,sehingga produksi sel darah merah menurun. Anemia lebih banyak  dialami oleh kaum wanita,terutama saat menstruasi dan hamil. Penderita akan mudah letih, tidak bertenaga. Kondisi ini dapat dideteksi melalui cek HB (haemoglobin).
3.     Sindroma kelelahan kronis, atau disebut juga myalgic encephalomyelitis (ME).  Myalgia  berarti  nyeri otot dan encephalomyelitis berarti peradangan pada tulang belakang dan otak. Selain merasakan kelelahan yang sangat, penderita juga mengalami nyeri otot, sakit kepala dan sakit tenggorokan. Walau banyak penelitian yang telah dilakukan, sampai saat ini belum diketahui dengan pasti penyebab utama penyakit ini.
4.     Sleep apnea, dalam bahasa Yunani, apnea terdiri dari “a” yang berarti tidak ada dan “pnea” yang berarti pernapasan atau udara. Apnea berarti tidak ada pernapasan. Ini merupakan salah satu gangguan tidur, di mana penderita mengalami gangguan pernapasan atau mengalami henti napas saat tidur. Akibatnya saat terbangun penderita tetap merasa lelah. Selain menimbulkan dengkuran, apnea bisa mengakibatkan penurunan kadar oksigen di dalam darah.
5.     Hipotiroidisme, kondisi yang sering dialami oleh wanita berusia lanjut, terjadi ketika kadar hormon tiroid terlalu rendah. Hipotiroidisme membuat pengidapnya mengalami nyeri otot, penurunan berat badan dan merasa lelah. Hipotiroidisme dapat didiagnosis dengan melakukan cek darah.  http://distributor-mci-resmi.blogspot.co.id/2017/04/tiroid-si-pengatur-metabolisme-by-bbc.html
6.     Diabetes Mellitus (kencing manis), salah satu gangguan metabolisme ini membuat penderitanya tidak mampu mengubah kalori menjadi energi. Selain menjadi mudah lapar, haus, penderita juga bisa mengalami penurunan berat badan yang drastis.  http://distributor-mci-resmi.blogspot.co.id/2016/10/glucola-vs.html
7.     Demam kelenjar, yang ditandai dengan sakit tenggorokan, pembengkakan kelenjar getah bening dan keletihan. Keletihan tersebut  bahkan mungkin masih terasa sampai berbulan-bulan, sekalipun gejala lainnya sudah hilang.
8.     Sindroma kaki resah, yang membuat penderitanya merasakan ketidaknyamanan pada kakinya pada saat tidur, apalagi saat berbaring. Akibatnya penderita sulit tidur nyenyak. Ketidaknyamanan ini akan hilang saat kaki digerakkan atau berjalan. Meski belum diketahui penyebabnya, namun anemia diduga memperburuk keluhan.
9.     Penyakit Celiac, salah satu penyakit autoimun yang membuat penderita tidak dapat mencerna gluten. Gluten adalah protein yang terkandung di dalam tepung terigu sebagai bahan dasar roti, kue, mie. Reaksi ini menimbulkan kerusakan dinding usus kecil yang akhirnya menurunkan penyerapan nutrisi dan zat gizi secara keseluruhan. Secara global, penyakit yang bersifat genetis ini dialami oleh setidaknya 1% hingga 2% populasi dunia. Penyakit ini dapat didiagnosis dari pemeriksaan darah. Selain kelelahan, Celiac juga ditandai dengan anemia, diare dan penurunan berat badan.

Kapan Anda harus mulai mewaspadai gejala penyakit yang mungkin timbul?
Waspadalah bila kelelahan disertai dengan gejala insomnia, penglihatan buram, pembengkakan pada bagian tubuh tertentu, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

Pada kondisi kelelahan yang normal, biasanya dapat segera teratasi dengan tidur 8 jam sehari atau dengan asupan nutrisi sesuai kebutuhan tubuh.
Untuk menjaga kebugaran, Anda dianjurkan untuk :
1.      Minum Glucola drink 1 sachet per hari.
 
 
2.      Minum air Bioglass 2-3 liter sehari.
3.      Mengenakan pendant MCI untuk menjaga aliran darah tetap lancar.
4.      Minum Soshin untuk membantu metabolisme lemak dan mengoptimalkan penggunaan energi tubuh.

Info selengkapnya tentang produk untuk menjaga stamina dan mengatasi kelelahan:
Rosa Ong/Philips Onggowidjaja/Pinky Kittyshop
0813 2181 0330
Widi/Yeremia
0896 5279 5233



Tidak ada komentar:

Posting Komentar