Translate

Selasa, 14 Februari 2017

KISTA... Berbahayakah?
by : BBC Journalist
 
Kista, penyakit pada organ kewanitaan yang banyak ditakuti. Meski  pada dasarnya kista ovarium tiak berbahaya, namun jika tidak ditangani dengan benar ada kemungkinan menjadi ganas.

Apa sebenarnya kista?
Kista atau kista ovarium adalah benjolan berisi cairan yang berkembang pada indung telur (ovarium) wanita.  Kondisi ini sebenarnya umum dialami oleh kaum wanita kebanyakan, tidak berbahaya dan bisa menghilang sendiri tanpa membutuhkan perawatan khusus.
Ada beberapa jenis kista :
1.     Kista fungsional, diderita oleh sekitar 24% penderita, kista  jenis ini terbagi dua yaitu kista folikel dan kista korpus luteum. Kehadirannya merupakan bagian dari siklus menstruasi. Pada umumnya, kista jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit dan akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan kemudian tanpa perawatan khusus.
2.     Kista jinak, diderita oleh sekitar 70% penderita, kista jenis ini tidak berhubungan dengan siklus menstruasi, terdiri atas kista dermoid, kista cystadenoma, kista endometrioma dsb. Tiap kista jinak berpotensi berkembang menjadi kanker ovarium. Oleh karena itu, umumnya diangkat melalui operasi atau dipantau secara berkala karena ada yang bisa hilang tanpa penanganan medis.
3.     Kista ganas, sekitar 6% kista yang ditemukan pada ovarium bersifat ganas dan memiliki sel kanker. Pada umumnya, kista ganas berawal dari kista jinak yang terlambat untuk diobati.
Karena kehadirannya yang tidak menimbulkan gejala dan kadang juga menghilang sendiri, maka banyak wanita yang tidak menyadari bahwa pada indung telurnya terdapat kista.
Kebanyakan wanita baru mengeluh setelah kista berkembang. Gejala yang umumnya dirasakan :
·         Sering buang air kecil.
·         Nyeri  saat buang air besar.
·         Merasa kelelahan dan pusing.
·         Perut kembung.
·         Perubahan siklus menstruasi.
·         Mual, muntah atau nyeri payudara.
·         Gangguan pencernaan atau mudah kenyang padahal Anda hanya makan sedikit.
·         Nyeri panggul saat berhubungan seksual.
·         Nyeri panggul saat menstruasi.
·         Nyeri panggul  yang menyebar sampai ke punggung bawah dan paha.
Bila Anda mengalami satu atau lebih dari gejala di atas, segera konsultasikan dengan dokter ahli kandungan. Dokter akan menegakkan diagnosa berdasarkan pemeriksaan lanjutan dengan cara meminta Anda:
  • Mencatat gejala-gejala kehadiran kista yang mungkin Anda alami.
  • Menuliskan obat dan suplemen yang Anda minum, termasuk dosis nda mengonsumsinya.
  • Menjalani pemeriksaan fisik,  yaitu:
-        Pemeriksaan panggul, di mana dokter akan memeriksa daerah genital, vagina, rongga perut bawah dan juga menggunakan spekulum untuk melihat saluran reproduksi. Jika cukup besar, kista akan terasa saat pemeriksaan ini dilakukan.
-        Selanjutnya dokter akan merujuk pasien untuk melakukan pemeriksaan pap smear.
 
Deteksi kista juga dapat dilakukan melalui :
-        Ultrasonografi (USG), alat USG akan diletakkan pada perut, untuk mendeteksi jenis ukuran dan letak kista.
-        Tes darah, biasa dilakukan bila hasil USGmenunjukkan bahwa kista yang Anda derita berbentuk padat atau berisiko mengarah pada kanker ovarium. Dokter akan menguji peningkatan kadar protein yang disebut kanker antigen 125 (CA-125) pada darah.  Peningkatan CA-125 juga bisa disebabkan oleh penyakit radang panggul, endometriosis, atau fibroid rahim. Oleh karena itu, kesimpulan seseorang menderita kanker ovarium tidak bisa berdasarkan kadar CA-125 saja.
-        Laparoskopi, di mana dokter akan memasukkan alat laparoskop yaitu selang yang ujungnya dilengkapi lampu dan kamera untuk memeriksa kondisi organ-organ reproduksi.
Dapatkah kehadiran kista dan komplikasinya dicegah?
Kehadiran kista, terutama yang berhubungan dengan siklus hormonal bisa dicegah dengan menyeimbangkan kadar hormon estrogen & progesteron. Salah satunya dengan rutin minum Glucola 1 sachet/hari:
-        Kandungan glutathione dapat menyeimbangkan kadar estrogen dan progesteron, juga mencegah keganasan.
-        Kandungan kolagen dapat meningkatkan daya tahan tubuh,sehingga bila terjadi peradangan tidak sampai menjadi parah dan menimbulkan keganasan.
Kalau stamina prima, penyakit pun pasti menjauh.

 
 

Info produk & pemesanan :
Rosa Ong/Philips Onggowidjaja/Pinky Kittyshop
0813 2181 0330
Widi/Yeremia
0896 5279 5233


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar