Translate

Jumat, 18 November 2016

👾~ Enjoy TRIP, Bye JETLAG~👾
by: BBC Journalist
 
 
Kamu pasti pernah mengalami keadaan di mana kamu merasa begitu lelah namun kamu sulit untuk memejamkan mata atau tidur saat di hotel ketika kamu sedang berlibur. Atau saat kamu sudah setengah tertidur, kamu akan bangun dengan mudahnya hanya karena mendengar suara yang tidak penting.


Familiar dengan hal ini?

Well, menurut penelitian yang dilansir dari fitnessmagazine.com, sulit tidur saat di tempat yang baru adalah benar adanya. Penelitian yang menggunakan beberapa metode ini menemukan bahwa saat menghadapi malam pertama di tempat yang baru, otak mengalami peningkatan kewaspadaan.
"Peningkatan ini wajar terjadi sebab menjadi mekanisme alami tubuh untuk melindungi dirinya dari serangan luar saat di tempat baru. Namun di malam berikutnya, otak tak lagi melakukan hal serupa," terang penelitian dari Brown University ini.

"Tak hanya manusia, mamalia lain pun mengalami hal yang sama. Sehingga kamu tak perlu khawatir. Kamu bisa melakukan berbagai macam hal yang bisa membuatmu rileks agar kamu cepat tidur seperti minum susu, makan pisang, atau mendengarkan musik yang nyaman. Jangan sampai gangguan tidur ini menurunkan kualitas tidurmu."
 
Inilah kiat agar perjalanan  Anda tetap menyenangkan sekaligus menyehatkan :
1. Menjaga aktivitas tubuh :
    • Tetap berolah raga secara rutin. Fasilitas kebugaran, lapangan olah raga atau kolam renang biasanya tersedia di hotel.
    • Berolahragalah di pagi hari ketimbang di sore hari, di mana Anda sudah lelah beraktivitas seharian.
    • Berjalanlah ke pusat wisata di sekitar hotel Anda, mal, pasar, bangunan bersejarah atau perkebunan.
    • Bila Anda berlibur di pantai, berjalan atau berlari di pasir lunak dapat membakar kalori 20-50% lebih banyak, karena lebih sulit bagi kita untuk berjalan di pasir
2. Pastikan Anda cukup beristirahat :
    Bila perjalanan memakan waktu cukup lama, usahakan Anda beristirahat selama di perjalanan.
  • Usir jetlag dengan mencoba berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 30 menit atau minum secangkir kopi sebagai penambah semangat agar Anda masih bisa menikmati aktivitas.
  • Agar Anda mendapatkan tidur nyenyak berkualitas di malam hari, taruhlah Mini Bioglass di 4 sudut kamar untuk meminimalkan efek radiasi sekaligus membuat suasana tidur Anda lebih rileks. 
Hindari stress, misalnya karena kemacetan atau hambatan lain. Untuk mengatasinya carilah tempat yang tidak terlalu ramai, ambil napas panjang beberapa kali dan pikirkan hal positif. Lakukan hal yang Anda sukai, mendengarkan musik, membaca atau hal lain.
  • Regangkan otot Anda, terutama setelah melakukan perjalanan jauh. Bila Anda mengemudikan kendaraan, mampirlah di tempat peristirahatan sejenak dan lakukan peregangan otot sambil beristirahat melepaskan ketegangan.
    • Kepala : gerakkan kepala ke atas-bawah, ke kiri-kanan dan putar secara bergantian masing-masing 10 kali.
    • Tangan : istirahatkan tangan kiri di pangkuan Anda. Tekuk tangan kanan ke sisi kiri hingga tangan berada di atas kepala Anda. Capai tangan kanan dengan tangan kiri Anda. Hitung sampai 10 sambil perlahan-lahan atur nafas. Lakukan hal yang sama pada tangan kiri.
    • Kaki : Tekuk lutut dan angkat kaki kanan dari lantai (seperti Anda mengambil langkah). Tahan. Hitung sampai 10, lalu letakkan kaki Anda kembali. Lakukan hal yang sama dengan kaki kiri Anda dan ulangi beberapa kali pada tiap kaki.
3. Pastikan dalam 1 hari Anda tetap minum minimal 8 gelas.

4. Perhatikan pola makan, karena saat berlibur banyak pilihan makanan yang menarik. Selain itu lama di kendaraan biasanya membuat kita lebih sering lapar dan membuat kita kebanyakan makan karbohidrat yang bisa merugikan kesehatan. Untuk mencegahnya :
  • Rencanakan sarapan sebelum bepergian dan siapkan snack sehat untuk sore hari (Deborah Enos, Ahli Gizi).  Selanjutnya, makanlah secara teratur sesuai jadwal makan.
  • Bila Anda tidak sempat sarapan, bawalah telur rebus, oatmeal, yoghurt, apel atau kacang-kacangan.
  • Kurangi asupan gula, saat perjalanan gula akan langsung dicerna dan bisa membuat Anda gemuk.
  • Jika Anda membawa muffin atau bagel, makan setengahnya saja karena keduanya mengandung kalori cukup tinggi.
  • Untuk mengurangi asupan karbohidrat berlebih, Soshin solusinya.
Dengan liburan yang terencana dengan matang, pastikan Anda menikmatinya dan tetap sehat, sehingga setelah liburan Anda menjadi lebih fresh dan produktif.
Untuk menjaga stamina, jangan lupa Glucola setiap hari.

Info produk & pemesanan :
Rosa Ong/Philips Onggowidjaja/Pinky Kittyshop
0813 2181 0330
Widi/Yeremia
0896 5279 5233

Tidak ada komentar:

Posting Komentar