Translate

Jumat, 18 November 2016

👾~NYAMAN mengelola 'SIKLUS BULANAN'~👾

by : BBC Journalist

Apa yang identik dengan 'siklus bulanan' kaum wanita? Selain proses menstruasi, yang tentunya seringkali membuat wanita tidak nyaman adalah PMS (Premenstrual Syndrome).
Gejala PMS biasanya muncul 1-2 minggu menjelang menstruasi dan biasanya terjadi akibat perubahan hormonal. Gejala PMS meliputi :
1. Gejala fisik:
  • Pusing.
  • Nyeri perut.
  • Nyeri payudara.
  • Perubahan pola makan.
  • Penumpukan cairan, sehingga terjadi pembesaran di beberapa bagian tubuh dan peningkatan berat badan.
2. Gejala mental:
  • Emosi tidak stabil.
  • Short term memory lost.
  • Depresi.
  • Sulit berkonsentrasi.
Gejala PMS yang menunjukkan perbedaan jelas antara kelompok usia :

 Stress Memperburuk Keluhan PMS

PMS secara signifikan mempengaruhi kondisi mental, namun stress dapat memperburuk keluhan PMS. Selain itu, mereka yang cenderung mengalami gejala yang lebih parah adalah:\
  • Perokok, suka minum alkohol atau kopi dalam jumlah banyak.
  • Mereka yang perfeksionis atau senang berkompetisi.
  • Mereka yang mudah cemas. 

PMS Dikelola, Bukan Dihindari

Jika gejala PMS yang kamu rasakan sudah sampai mempengaruhi kehidupan sehari-harimu, menahan rasa sakit terus menerus hanya akan memperparah kondisimu segeralah pergi berkonsultasi ke ginekolog.

Pada dasarnya metode penanganan PMS tergantung dengan gejala yang kamu alami. Sebagai contoh, pereda rasa nyeri untuk nyeri punggung bagian bawah, diuretik untuk pembengkakan, dan antidepresan atau penenang untuk mudah marah serta depresi. Untuk beberapa kasus, pil kontrasepsi bisa digunakan untuk mengontrol ovulasi serta meningkatkan keseimbangan hormon. Obat herbal Cina juga efektif dan biasa digunakan untuk perawatan PMS.
 
Jika gejala-gejala tersebut menjadi semakin parah secara mendadak, mungkin ada penyakit yang menyebabkannya, seperti endometriosis. Pastikan kamu segera pergi ke ginekolog untuk berkonsultasi tentang gejala yang kamu alami setidaknya sekali.
Catat suhu tubuh dasarmu dan buatlah buku harian PMS
Jika kamu terus mencatat hejala PMS yang kamu alami bersamaan dengan suhu tubuh dasarmu setiap harinya, kamu bisa melihat jika ada perubahan pada tubuhmu dan menyadari bahwa “gejala-gejala berikut akan segera menghilang”. Dengan melakukan hal tersebut, kamu tidak akan mudah cemas lagi dan bahkan akan membuat gejala PMS yang kamu rasakan menjadi lebih ringan. Kami sangat menyarankan kamu untuk membuat buku harian PMS.
  1. Tanggal: catat tanggal secara akurat.
  2. Siklus menstruasi: catat hari di dalam siklus menstruasi dengan hari pertama menstruasi sebagai Hari 1
  3. Jumlah darah haid: jumlah darah haid bervariasi untuk setiap orang. Di buku harian PMS-mu, catat jumlah darah haid dengan “banyak”, “normal”, dan “sedikit”.
  4. Suhu tubuh basal: gunakan termometer basal atau kalau kamu tidak punya, ukur suhu tubuhmu sebelum beranjak dari kasur ketika kamu baru bangun tidur, dan ukur dengan menggunakan temometer biasa di bawah lidah.
  5. Perubahan berat badan: jika memungkinkan cobalah mengukur berat badanmu pada jam yang sama setiap harinya. Catatlah berapa perubahan berat badanmu dari berat badan standar yang kamu tentukan.
  6. Gejala: lingkari gejala-gejala yang kamu rasakan yang ada di daftar. Gunakan isian yang kosong untuk mencatat gejala yang tidak ada di daftar.

Cara Merawat Diri Saat PMS

Sedikit perawatan diri bisa dilakukan untuk menangani gejala PMS. Gunakan cara-cara yang kamu merasa nyaman agar kamu merasa rileks, seperti menggunakan aromaterapi, pijat, berendam kaki, berolahraga ringan, atau yoga.

Untuk rutinitas harianmu, istirahatlah yang cukup. Untuk makanan, cobalah mengurangi konsumsi kafein, seperti kopi, dan juga kurangi asupan gula dan garam. Hindari rokok maupun minuman beralkohol. Memakan makanan yang kaya akan nutrisi seperti vitamin B6 dan E, kalsium, magnesium serta soy isoflavone dari suplemen makanan. Untuk memperlancar keluarnya darah menstruasi dan mengurangi nyeri, minumlah Glucola secara rutin.
Menempelkan Bioglass 2+ di perut sangat membantu meredakan nyeri.

Info produk & pemesanan :
Rosa Ong/Philips Onggowidjaja/Pinky Kittyshop
0813 2181 0330
Widi/Yeremia
0896 5279 5233

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar